12 September 2008

DESAHAN KALBU


Tuhan yang Maha Pengasih
curahkan belas kasihMu
lalu biar kutemukan yang terpilih
yang pantas, dari ilmu dan hikmah

Curahkan kasih sayangMu dalam persoalanku,
maka...Engkau lahirkan dalam diriku
penyaksian kepada yang ghaib bagiku.
Kasih sayang ini...
hanya dapat dikenali
dengan kelembutan dan perenungan

Biarlah sesaat aku ke masa kecil
mengingat sedikit kesusahan
yang tidak pernah membuatku mati,
dan tak pula ada urusan yang khawatir luput dariku
walau firasat...
sering memberiku takut dan harap
dalam hiasan tauhid

Aku tunaikan segala kebutuhanku semasa itu
yang memberikan ilmu bagiku
bahwa tujuan nanti adalah
pendiam dan penyendiri.

Ya Allah,
sembunyikan diriku dalam cintaMu
barangkali aku bisa memberi tahu jiwaku
tentang keagunganMu dalam sepi dan rahasia

Hanya saja, Tuhan yang Maha Rahman
punya rahasia yang dijaganya,
kepada yang berhak dalam rahasia ini
yang akan diberikan,
dan memelihara itu adalah lebih baik.

Tiadalah sesuatu bagiku daripadanya
selain dengan menyebut dalam desahan kalbu
yang mengobarkan api cinta
dan kerinduan dalam dada.

Adapun sebenarnya keinginanku
hanya untuk kemuliaan dan akal pikiran
akal cipta untuk mengurai segala wujud

Akan tetapi maluku terhadapMu
mencegah untuk menyatakan keinginanku,
Engkau cukupkan aku dengan pengertian,
agar aku tidak berterus terang

Dalam kerahasiaan ini...
hatiku gembira bersama manusia
dengan sifat-sifat yang kutempatkan
di sisi Dzat yang Maha Mulia
lagi banyak karunia

No comments:

Post a Comment