07 December 2009

Bakat Alam


Menurut beberapa ahli, manusia mempunyai beberapa macam pembawaan atau nurani tertentu seperti pembawaan falsafiah, ilmiah, keteknikan, artistik, sosial-politik, nurani-teosofis maupun religius. Tetapi saya tidak akan membahas topik-topik tersebut, yang akan saya bicarakan adalah sesuatu yang lebih berkembang melampaui batas-batas semua kesadaran lain seperti tersebut di atas.

Tegasnya, ada figur-figur yang memiliki kesadaran politis, sosial, keteknikan dan kesadaran artistik tanpa mempunyai kecenderungan terhadap kesadaran diri manusia, begitupun sebaliknya. Sehingga hal itu bukanlah manifestasi dari tipe-tipe kesadaran di atas, maupun produk dari semua itu, melainkan sama sekali independent..!

Bagi figur-figur yang menyadari hal itu, akan mempunyai daya mental untuk menangkap sendiri term-term tengah dari suatu silogisme, baik yang ada di sekelilingnya maupun yang berjauhan, tentunya yang masih ada getaran dengan dirinya. Mungkin...inilah yang dinamakan dengan Intelegensi Natural. Ini adalah pembawaan sejak dia mulai bisa berpikir, yang tentunya sebelum itu didahului oleh getaran-getaran pribadi yang bersangkutan.

Untuk meraih hal itu, merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Sedangkan untuk memunculkannya adalah dengan jalan menempanya dan memberinya sentuhan-sentuhan teologis, dan setelah itu perlu disodorkan dengan motif-motif teologis pula, supaya logika-logika yang ada di dalamnya bisa diterima sehingga dapat menimbulkan minat sejati kepadanya dan dapat menyingkirkan perasaan marginal pada diri seseorang.

Tentunya untuk menerima semua itu perlu intuisi yang tajam, sehingga dapat memberi tekanan pada hal-hal yang dapat dipahamkan. Sebaliknya, tanpa intuisi yang mencukupi akan membingungkan dan menyebabkan keluarnya pernyataan-pernyataan yang keliru.
Pun pula, tidak mungkin yang bersangkutan diberi nada-nada apriori karena semuanya merupakan tabula rasa dari dirinya (dari pandangan-pandangan sosial, pengalaman-pengalaman batin dan pemikiran-pemikirannya). Dan serendah-rendah kebenaran bagi pihak lain adalah membenarkan dan menyerahkan kepada ahlinya.

No comments:

Post a Comment